hudson-ranch-power-i_high-res
Geothermal Industry

Saat ini suhu pada inti bumi mencapi sekitar 7200 derajat Fahrenheit. Suhu seperti ini diakibatkan karena peluruhan bahan radioaktif yang terjadi jutaan lalu. Suhu tinggi yang berada di bawah permukaan bumi memang bisa menghasilkan energi dalam jumlah besar, bahkan dapat menghasilkan beberapa gigawatt listrik. Apabila dilihat secara teknis, maka energi panas bumi termasuk sebagai sumber energi terbarukan yang mampu menghasilkan energi. Tentunya selama bumi masih ada, maka energi panas bumi akan terus menghasilkan energi tersebut.

Lalu apa sebenarnya manfaat dari energi panas bumi itu? Secara tidak langsung, energi panas bumi bisa mempermudah perusahaan dan industri untuk mendapatkan apa yang mereka butuhkan. Sehingga tidak perlu memakai banyak bahan bakar fosil dalam sebuah proses yang dilakukan. Sebelum memutuskan untuk menerapkan energi ini, sebaiknya Anda memahami terlebih dahulu apa saja kelebihan dan kekurangan geothermal.

Kelebihan dari energi panas bumi

Berikut ini merupakan beberapa kelebihan dari energi panas bumi yang perlu Anda ketahui sebelum menerapkan energi ini.

Ramah terhadap lingkungan sekitar

Energi panas bumi bersifat ramah terhadap lingkungan, baik dalam aspek produksi maupun penggunaan. Sehingga dampaknya benar-benar berperan pada setiap sumber daya. Pada saat menjalankan proses pengembangan dan pembuatan, tenaga panas bumi sepenuhnya telah bebas dari emisi. Tidak ada karbon yang digunakan untuk produksi, kemudian seluruh prosedur juga telah bebas dari sulfur yang umumnya telah dibuang dari proses lainnya yang dilakukan. Penggunaan energi panas bumi memang tidak akan menimbulkan pencemaran terhadap lingkungan. Sehingga efek dari pemanasan global yang disebabkan oleh emisi dari bahan-bahan minyak akan berkurang. Dalam penggunaannya sebagai pembangkit listrik tenaga panas bumi tidak akan dibutuhkan bahan bakar minyak yang bisa menyebabkan polusi udara.

Pasokan begitu besar

Jumlah energi panas bumi ternyata sangat besar. Energi terbarukan memang relatif tidak habis walupun dipakai secara terus menerus oleh manusia. Hal ini disebabkan karena sumber dari energi panas bumi terus aktif akibat dari peluruhan radioaktif yang berasal dari mineral. Namun relevansi dari poin ini akan terus bervariasi untuk setiap lokasinya. Misalnya saja, apabila Anda berada di daerah yang memiliki banyak sinar matahari, maka Anda bisa memiliki banyak pasokan energi surya.

Sumber paling bersih

Energi panas bumi memiliki sumber paling bersih apabila dibandingkan dengan energi yang didapatkan dari sumber energi fosil. Seperti yang kita ketahui, energi yang berasal dari fosil bisa menyebabkan polusi sekaligus emisi gas yang membuat pemanasan global, kemudian es di kutub juga dapat mencair secara perlahan.

Energi terbarukan

Energi ini tidak akan pernah krisis atau langka karena merupakan energi alternatif yang menjadi sumber energi terbarukan. Misalnya saja, yang kita ketahui sumber energi seperti matahari dan panas bumi akan selalu tersedia dan tidak pernah habis seperti minyak bumi atau batu bara.

Sumber energi secara cuma-cuma

Sumber energi alternatif tidak perlu dibeli, sehingga Anda bisa mengesampingkan biaya produksi yang harus dikeluarkan. Sumber energi yang alami seperti angin, sinar matahari, dan air hanya membutuhkan biaya awal untuk proses instalasi saja. Namun setelah itu semuanya bisa berjalan dengan sendirinya. Coba bayangkan untuk beberapa energi fosil seperti minyak bumi dan batu bara, harganya pasti akan terus naik dari waktu ke waktu.

Kekurangan dari energi panas bumi

Berikut ini merupakan beberapa kekurangan dari energi panas bumi yang perlu Anda ketahui sebelum menerapkan energi ini.

Biaya instalasi awal yang tinggi

Proses instalasi awal untuk pembangkit tenaga listrik dari energi alternatif tidak membutuhkan biaya instalasi awal yang tinggi. Misalnya saja, sebuah bendungan dibangun untuk membuat pembangkit listrik bertenaga air. Membangun bendungan juga harus melibatkan relokasi penduduk yang membutuhkan biaya tinggi. Biaya modal yang besar dikarenakan penggunaan energi panas bumi memerlukan eksplorasi dan eksploitasi terlebih dahulu. Namun walaupun biaya instalasi awal besar, hal ini sepadan dengan manfaat yang diberikan dari energi panas bumi.

Tidak bisa diandalkan

Sumber energi alternatif sebenarnya tergantung pada faktor-faktor yang alami, sehingga tidak bisa selalu diandalkan. Misalnya saja, apabila terjadi kemarau panjang, maka tingkat produksi pembangkit listrik tenaga air juga bisa terhambat. Hampir sama dengan sinar matahari juga. Apabila tanpa memakai sinar matahari yang cukup, maka listrik yang telah dihasilkan juga akan berkurang.

Belum bersifat efisien

Sampai saat ini, pembangkit yang berasal dari sumber energi alternatif memang belum dapat beroperasi secara efisien seperti sumber energi konvensional. Saat ini teknologi yang tersedia memang belum cukup mampu menggantikan energi konvensional dengan energi alternatif.

Penyimpanan dan biaya transportasi masih tinggi

Salah satu penyebab mengapa energi alternatif belum dipakai secara luas ialah karena penyimpanan dan biaya transportasi yang dirasa masih tinggi.

Tempat tertentu

Kekurangan energi panas bumi selanjutnya ialah terbatasnya tempat yang bisa digunakan. Sumber energi ini hanya dapat dibangun pada tempat-tempat yang berada di sekitar lempeng tektonik dengan suhu tinggi. Biasanya lokasi seperti ini berada di dekat permukaan bumi.

Memengaruhi struktur permukaan tanah

Energi panas bumi bisa memengaruhi kestabilan tanah yang berada di sekitarnya. Hal ini lah yang akan memengaruhi struktur dari permukaan tanah, sehingga senyawa lain bisa timbul akibat adanya proses pengeboran tersebut.

Itu tadi beberapa keuntungan dan kekurangan dari penerapan energi panas bumi. Energi geothermal memang dapat diandalkan, pemanfaatan sumber daya ini akan semakin tumbuh. Namun ingat, energi geothermal memang belum tentu tersedia di banyak daerah. Beberapa daerah seperti California (USA), Islandia, Hawaii, New Zealand dan Jepang merupakan beberapa tempat di mana energi panas bumi digunakan karena daerah-daerah tersebut memiliki potensi Geothermal Energy yang besar.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s