map-of-geothermal-development-2012
Perkembangan Geothermal di Indonesia

Seperti kita ketahui bahwa negara kita Indonesia dikelilingi oleh banyak gunung api di beberapa wilayahnya. Dari keadaan ini memang kemudian memunculkan beberapa bencana seperti gunung meletus dan gempa vulkanik. Belum lagi melihat kondisi geologis Indonesia yang juga berada diantara beberapa lempeng besar dunia. Hal ini menjadikan negara Indonesia makin rawan dengan adanya bencana gempa bumi. Namun dibalik kerawanan bencana karena gunung api dan lempeng bumi tersebut ada hal yang sangat berguna jika mampu dimanfaatkan dengan baik. Hal atau sesuatu yang sangat berguna tersebut adalah panas bumi atau geothermal. Seperti apakah potensi geothermal yang ada di negeri ini? Berikut ulasannya.

Berapa Besar Potensi Panas Bumi di Indonesia?

Dari seluruh kandungan panas bumi di dunia, sebanyak 40% ada di Indonesia. Dengan angka ini maka tentu saja Indonesia menjadi negara dengan kandungan cadangan panas bumi terbesar di dunia. Dari kandungan ini diperkirakan sumber daya terbarukan yang ramah lingkungan tersebut bisa menghasilkan 29 gigawatt (GW) atau setara dengan 29.000 megawatt (MW). Namun sayangnya besarnya potensi panas bumi (geothermal) ini belum bisa dimanfaatkan dengan baik. Menurut Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar potensi besar dari panas bumi (geothermal) ini hanya masih dimanfaatkan sebesar 5 persen saja. Itu artinya hanya sebesar 1.494 MW dari total 29.000 MW yang baru dimanfaatkan. Tentu saja hal ini menjadi pekerjaan rumah buat pemerintah untuk bisa mengembangkan lagi pengusahaan Energi Baru Terbarukan (RBT) panas bumi tersebut.

Mengapa Indonesia Bisa Mempunyai Cadangan Panas Bumi yang Begitu Besar?

Dari posisi geologis Indonesia yang berada diantara 3 lempeng bumi dan juga dua jalur sirkum atau pegunungan dunia maka menjadikan hal ini sebagai pencipta munculnya panas bumi yang besar. Mengapa demikian? Sebab dari batas-batas lempeng yang ada dan saling bergerak ini kemudian akan menciptakan ruang yang dimasuki magma yang menjadi cikal bakal panas bumi. Selain itu posisi Indonesia di sirkum pasifik juga membuat negara yang mendapat julukan cincin api ini memperoleh kelimpahan batuan yang dapat menampung panas bumi yang besar.

Produsen Geothermal Terbesar Ketiga Dunia

Meski belum dimanfaatkan dengan baik, namun data saat ini menunjukkan Indonesia menjadi negara produsen panas bumi terbesar ketiga di dunia. Produksi geothermal yang sekarang baru mencapai 1494 MW sendiri berasal dari beberapa area panas bumi yang tersebar di seluruh Jawa, Sumatera Utara, dan Sulawesi Utara. Dari seluruh area panas bumi itu, sumbangan terbesar dari produksi panas bumi dengan catatan 227 MW hadir dari pembangkit Wayang Windu dioperasikan oleh Star Energy di Jawa Barat. Pembangkit Wayang Windu memang menjadi salah satu PLTP (Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi) yang terbesar di Indonesia yang mampu berkontribusi sekitar 16% dari tenaga panas bumi negara. Dari pemanfaatan panas bumi yang baru 5 persen dari total kandungan geothermal ini saja Indonesia sudah bisa menempati posisi tiga besar dunia, apalagi jika panas bumi di Indonesia ini bisa dimanfaatkan lebih besar lagi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s