800px-geoelectricithy

Tak hanya Indonesia yang memanfaatkan energi panas bumi atau geothermal ini, menurut Asosiasi Panas Bumi Internasional (IGA) melaporkan bahwa pada tahun 2010 terdapat 10.715 MV (Mega Watt) pembangkit listrik yang memanfaatkan energi panas sudah terpasang di 24 Negara. Nilai tersebut meningkat 20 % jika dibandingkan dengan besarnya daya pembangkit listrik yang terpasang ditahun 2005

Negara dengan pembangkit listrik tenaga panas bumi (geothermal) terbesar terletak di The Geysers, yang merupakan ladang panas bumi di California, Amerika Serikat. Namun Indonesia pun masih terbilang negara dengan cadangan panas bumi terbesar, namun sayangnya pemanfaatan cadangan tersebut masih minim yaitu hanya 800MV atau sekitar 4 % dari total cadangan yang tersedia di Indonesia

Pemenuhan kebutuhan energi listik meningkat dari tahun ke tahunnya, di Indonesia sendiri terdapat 217 lokasi yang menyimpan cadangan energi panas bumi (Geothermal). Namun begitu juga diberbagai negara lain di seluruh dunia. Berikut beberapa negara pengguna energi panas bumi yang memiliki cadangan energi panas terbesar di dunia.

  1. Amerika Serikat

Kawasan terbesar di Amerika Serikat yang menyimpan cadangan energi panas bumi adalah negara bagian California. Amerika Serikat memiliki kapasitas pembangkit listrik yang dihasilkan dari energi panas bumi sebesar 3086 MW. Terdapat 77 pembangkit listrik tenaga panas bumi yang sudah berkembang dan mampu menghasilkan 15 Milyar Kilowatt jam listrik setiap tahunnya

2. Filipina

Filipina merupakan negara kedua yang menyimpan energi panas bumi terbesar di dunia. Hal ini setelah adanya investor yang menginvestasikan dana lebih dari $ 2 Milyar untuk instalasi energi panas bumi di Filipina. Pembangkit tenaga listrik di Filipina dibangun di Pulau Leyte sejak tahun 1977. Di Filipina telah terpasang 1094 MW.

3. Indonesia

Negara Indonesia sebenarnya memiliki 40 % dari potensi panas bumi di dunia, hanya saja pemanfaatannya masih minim. Sudah 1197 MW kapasitas pembangkit listrik yang dihasilkan dari panas bumi yang sudah terpasang di Indonesia. Pada tahun 2014 Indonesia berada di trek untuk mengembangkan 44 pembangkit listik yang baru dengan memanfaatkan panas bumi.

4. Mexico

Kapasitas tenaga listrik yang dihasilkan dari panas bumi di negara Mexico semakin meningkat dari tahun ke tahun, sudah 958 MW kapasitas pembangkit listrik yang terpasang, setelah sebelumnya hanya 720 MW kemudian berkembang lagi menjadi 820 MW. Lokasi terbesarnya terletak diperbatasan negara bagian Meksiko dan Selatan California USA

5. Italy

Pemanfaatan panas bumi di Italy ini dahulunya dimanfaatkan untuk menjaga bangunan agar tetap hangat. Namun, terakhir pemanfaatan energi panas tersebut juga diperuntukan sebagai pembangkit tenaga listrik. Sudah 843 MW kapasitas pembangkit listrik panas bumi yang terpasang di negara italy. Lardello adalah tempat pembangkit listrik panas bumi pertama yang dibangun di Italy.

6. Selandia Baru

Sekitar 700 MW pembangkit tenaga listrik panas bumi yang sudah terpasang di negara Selandia Baru. Selandia Baru tergolong negara yang menyediakan pembangkit energi yang konsisten untuk semua sumber energi terbarukan jika dibandingkan dengan negara – negara lainnya

7. Islandia

Meski negara dingin, Islandia mampu memasang tenaga listrik panas bumi sebesar 575 MW. Pemanfaatan panas bumi di Islandia ternyata tak hanya untuk menghasilkan tenaga listrik saja, tetapi 90 persen dimanfaatkan untuk memanaskan jalan – jalan kota dekat ladang geothermal sepanjang musim dingin.

8. Jepang

Selain Indonesia dan Filipina, Jepang merupakan negara asia yang memanfaatkan panas bumi. Sudah 167 MW pembangkit listrik terpasang di Negara Jepang. Pemanfaatan Energi panas bumi atau geothermal di Jepang dikelola oleh Mitsubishi Coorp dan J – Power. Jepang dinilai sangat ideal untuk aktivitas panas bumi karena kedekatan wilayahnya dengan batas konvergen lempeng tektonik di Asia Pasifik.

9. El Salvador

El Salvador memiliki lapangan geothermal yaitu Ahuachapan yang telah memberikan energi sejak tahun 1975 hingga telah terpasang pembangkit listrik panas bumi sebesar 204 MW.

10. Kenya

Sebagai negara pertama di benua Afrika yang mengeksploitasi energi geothermal secara komersial, Kenya telah memiliki kapasitas pembangkit listrik tenaga panas bumi sebesar 167 MW yang telah terpasang. Kenya berencana meningkatkan kapasitas tersebut menjadi 576 MW pada tahun 2017 mendatang untuk menguarangi pemakaian dan ketergantungan minyak untuk kebutuhan listrik negara.

10 Negara diatas adalah negara dengan cadangan geothermal terbesar di dunia yang berpotensi memanfaatkan panas bumi dan sebagian besar panas bumi atau energi geothermal tersebut memang dimanfaatkan untuk pembangkit tenaga listrik.

e4cf6a65f59b1ca11edb9769f5aaaa56

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s